Hukum Islam: Konsep, Filosofi, dan Metodologi


Kode Buku   :   BUKU-01403
Pengarang   :   Panji Adam, S.Sy, M.H
Penerbit   :   Sinar Grafika
Tempat Terbit   :   Jakarta
Tahun Terbit   :   2019
Klasifikasi   :   297.4 Panj h c.2
Lokasi   :   R5 (b)

Hukum Islam merupakan istilah khas Indonesia, karena tidak ditemukan dalam AlQuran maupun hadis rasulullah. istilah hukum Islam merupakan terjemahan dari Fiqih Islam atau dalam konteks tertentu dari syariat Islam. istilah ini dalam wacana ahli barat digunakan Islamic law. walaupun tidak ditemukan  istilah hukum Islam dalam Al Quran dan Sunnah,  tetapi yang dipakai adalah kata Syariat Yang dalam penjabarannya kemudian lahir istilah fiqih.

Buku ini merupakan buku ajar yang terdiri atas dua jilid yang diajarkan pada mata kuliah hukum Islam. di  dalam buku hukum Islam jilid pertama ini berisikan materi materi mengenai konsep-konsep hukum Islam, seperti Syariah metode ijtihad, hukum dan hukum Islam, Pembidangan hukum Islam, sumber hukum Islam, metode ijtihad, prinsip-prinsip, asas-asas serta karakteristik hukum Islam, fatwa dalam sistem hukum Islam, filsafat  dan hukum Islam, dan diakhiri dengan pembahasan konsep instinbath hukum.

sudah cukup banyak buku yang membahas tentang hukum Islam dan menjadi pegangan mahasiswa, khususnya mahasiswa fakultas syariah dan hukum, namun yang menjelaskan secara detail mulai dari konsep, filosofi dan  metodologi masih langka ditemukan.

Buku ini Dapat dibaca oleh para mahasiswa fakultas syariah dan hukum di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. di samping itu, buku pula para pengajar, peneliti, pengamat dan Praktisi di bidang hukum Islam